Penyakit Pada Telinga Saat Berenang dan Menyelam

Waspadai air yang masuk ke telinga saat berenang kemudian dibiarkan lama begitu saja. Kondisi ini menciptakan kondisi lembap di dalam telinga yang membuat bakteri dapat tumbuh subur. Perhatikan juga saat merasakan sakit pada telinga saat menyelam.

Penyakit pada Telinga saat Berenang dan Menyelam

Selamat datang di salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen resmi pusat penjualan obat herbal secara online yang terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi “penyakit pada telinga saat berenang dan menyelam“.

Berolahraga, terutama olahraga air, adalah kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan. Tetapi jangan sampai kesenangan ini justru mendatangkan risiko gangguan kesehatan. Dalam hal ini, lindungi telinga dari kondisi yang bisa membahayakan. penyakit-telinga

Penyakit terlinga yang dikutip oleh-alodokter

Swimmer’s Ear

Bakteri yang masuk ke telinga saat berenang dapat menyebabkan penyakit pada telinga yang disebut swimmer’s ear. Swimmer’s ear atau disebut juga otitis eksterna adalah infeksi pada saluran telinga bagian luar. Infeksi ini bermula dari gendang telinga, kemudian ke bagian luar kepala. Otitis eksternal akut umumnya disebabkan oleh bakteri jenis Streptococcus, Staphylococcus, atau Pseudomonas.

Perjalanan penyakit swimmer’s ear dimulai dari gejala yang ringan seperti:

  • Bagian dalam telinga menjadi kemerahan.
  • Saluran telinga terasa gatal.
  • Keluar cairan bening tidak berbau dari telinga.
  • Rasa tidak nyaman jika daun telinga ditarik atau bagian tonjolan kecil di luar telinga (tragus) didorong.

Kondisi ini sebenarnya tidak membahayakan jika segera ditangani. Tetapi sebaliknya, gejala-gejala yang muncul dapat memburuk dan menyebar jika didiamkan saja. Makin lama didiamkan, gejala ini dapat berubah menjadi rasa gatal dan nyeri yang makin parah, bagian dalam telinga terlihat makin merah, keluar nanah dan cairan, saluran telinga terasa tertutup karena ada pembengkakan, kotoran, serta cairan, hingga fungsi pendengaran terganggu.

Pada tahap lebih lanjut, penderita swimmer’s ear, dapat mengalami kondisi lebih buruk, seperti demam, pembengkakan kelenjar getah bening pada leher, saluran telinga benar-benar tertutup, serta rasa nyeri tidak tertahankan yang dapat menjalar ke wajah, bagian samping kepala dan leher.

Komplikasi dapat timbul jika tidak ditangani dengan baik. Komplikasi tersebut dapat berupa: kehilangan pendengaran untuk sementara dan infeksi dalam jangka panjang, rusaknya jaringan dalam (selulitis), kerusakan tulang dan tulang rawan, serta menyebarnya infeksi. Risiko penyakit pada telinga ini dapat meningkat jika seseorang berenang di tempat-tempat dengan kadar bakteri tinggi, seperti di danau. Swimmer’s ear juga lebih berisiko terjadi pada anak karena saluran telinga yang masih sempit sehingga air yang masuk susah untuk keluar.

Barotrauma

Menyelam di laut dalam menyebabkan tekanan yang makin tinggi pada permukaan luar gendang telinga. Untuk menyeimbangkannya, saluran Eustachius akan terbuka sehingga tekanan udara di bagian belakang gendang telinga akan menyeimbangkan dengan tekanan di luar. Namun jika saluran Eustachius tidak terbuka, maka tekanan di luar akan mendorong gendang telinga ke dalam sehingga menyebabkan rasa sakit.

Kebiasaan merokok, alergi, infeksi saluran pernapasan atas, membersihkan telinga secara berlebihan, serta polip pada saluran pernapasan adalah sebagian penyebab dari saluran Eustachius yang tidak terbuka.

Jika penyelam mengabaikan rasa sakit ini dan makin jauh menyelam, maka gendang telinga dapat pecah dan air laut masuk ke telinga tengah. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan gejala-gejala barotrauma, yaitu mual, muntah, terasa adanya tekanan pada telinga, telinga terasa nyeri, vertigo, berkurangnya kualitas pendengaran, dan telinga berdenging.

Ketika anda atau orang lain mengalami gejala-gejala di atas saat sedang menyelam, bantu penderita untuk naik perlahan-perlahan ke permukaan hingga gejala menghilang. Jangan naik terlalu cepat. Jika gejala menetap meski telah naik ke permukaan, hentikan kegiatan menyelam.

Cara Mencegah Penyakit pada Telinga saat Berolahraga Air

Telinga sebenarnya memiliki pelindung alami untuk mencegah infeksi, yaitu serumen/lilin telinga. Namun materi tubuh alami ini dapat kehilangan daya pelindungnya jika bagian dalam telinga berada pada kondisi terlalu lembap ataupun saat terjadi abrasi pada saluran telinga. Abrasi ini dapat terjadi saat telinga dibersihkan dengan cotton bud ataupun benda lain, seperti jepit rambut. Struktur kanal yang menurun dari bagian tengah ke luar telinga juga turut membantu mengeluarkan air yang masuk ke dalam telinga.

Untuk mencegah terjadinya penyakit ini saat berenang atau menyelam, setidaknya ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

  • Segera keringkan telinga setelah berenang. Keringkan bagian luar dengan handuk lembut. Miringkan kepala hingga air di dalam saluran telinga keluar.
  • Hindari memasukkan jari ataupun benda lain, seperti cotton bud, ke dalam telinga karena justru dapat merusak lapisan tipis pada dinding saluran telinga.
  • Hindari membersihkan telinga dengan benda asing. Lebih baik periksakan ke dokter telinga secara teratur.
  • Lindungi telinga dengan kapas saat Anda sedang menggunakan hair spray ataupun pewarna rambut.
  • Jika Anda tidak memiliki gendang telinga yang bocor, obat tetes khusus dapat digunakan untuk melindungi bagian dalam telinga agar tetap kering dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab swimmer’s ear. Obat ini dapat dipakai sebelum dan sesudah berenang.
Baca Juga | Zat Besi Sebagai Nutrisi Yang Sangat Di Butuhkan Tubuh

Bagi anda yang penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, jangan lupa untuk terus mengunjungi situs https://tehuntukmengobatipenyakitlegionnaires.wordpress.com/ untuk mengetahui artikel kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Link diatas sekedar memberitakan seputar produk herbal yang berkualitas dan berbagai macam kutipan kesehatan, jadi simpan baik-baik link tersebut jika suatu saat anda membutuhkan baik untuk pembelian produk herbal atau bahkan hanya sekedar mencari tahu tentang berita-berita kesehatan yang telah kami kutip. Salam sehat!!!

Penyakit Pada Telinga Saat Berenang dan Menyelam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s